eeeeeeeee
i

Mencegah Kerusakan Mata dan Membuat Mata Indah Mempesona


Mata merupakan bagian wajah yang paling diperhatikan. Perasaan seseorang dapat terlihat dari tatapan matanya sehingga organ tubuh ini disebut sebagai jendela hati. Mata yang indah merupakan bagian yang merupakan daya tarik bagi penampilan seorang wanita, itulah sebabnya dalam merias wajah, riasan mata umumnya membutuhkan waktu paling lama. Tetapi, mata juga memiliki berbagai masalah yang dapat membuat wajah tidak segar. Itulah sebabnya, Anda wajib merawat jendela hati ini sebaik-baiknya.

Masalah pada Mata
Penampilan mata Anda tentu harus dijaga agar tetap menarik dan cantik. Mata dapat menyampaikan banyak hal, termasuk kepribadian Anda. Karena itu, analisalah masalah yang terjadi pada mata Anda jika mulai terlihat tidak menarik. Beberapa masalah yang umumnya terjadi pada penampilan mata antara lain dijelaskan di bawah ini.
  • Lingkaran hitam
Salah satu penyebabnya adalah karena faktor keturunan, sedangkan penyebab yang tidak dihindari adalah karena usia. Seiring bertambahnya umur, lingkaran di seputar mata makin menggelap.

Kurang tidur juga dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam ini, atau polusi dan stres.
  • Kantung mata
Kantung mata sebenarnya adalah cairan tubuh atau lemak yang tidak dapat dibuang dengan sempurna. Hal ini cukup mengganggu karena membuat mata terlihat bengkak.
  • Kerutan
Faktor utamanya adalah karena pertambahan usia yang mengakibatkan kurangnya kandungan kolagen dan mengurangi elastisitas kulit. Walau secara biologis umur seseorang belum tua, tetapi penuaan dini dapat terjadi pada siapa saja. Penyebabnya adalah sinar matahari yang berlebihan dan dehidrasi.

Mata Indah
Setelah mengetahui beberapa masalah yang terjadi pada penampilan mata, maka bagaimana caranya agar mata Anda tetap tampil menarik? Agar terhindar dari masalah-masalah penampilan mata tersebut dan menjaga mata tetap berbinar, Anda dapat melakukan pencegahan dan melakukan berbagai perawatan untuk mata. Perawatannya mudah dan dapat dilakukan di rumah. Berikut ini beberapa tips kecantikan untuk membuat mata tetap indah.
  • Bersihkan mata dari kosmetik sebelum tidur
Bila tidak dibersihkan, sisa kosmetik akan menyumbat pori-pori. Untuk membersihkan bagian mata, sebaiknya gunakan pembersih mata khusus mata, karena mata memiliki bagian yang lebih sensitif dibandingkan bagian wajah lain. Atau gunakan susu murni untuk membersihkannya. Setelah itu, oleskan krim mata yang akan membantu merawat mata pada malam hari.
  • Lindungi mata dari sinar matahari
Saat beraktivitas di siang hari di luar ruangan, pastikan untuk menggunakan tabir surya atau gunakan eye gel untuk untuk menyegarkan mata. Sebaiknya, gunakan kacamata yang dapat melindungi dari sinar ultraviolet, atau gunakan payung atau topi.
  • Cukup minum air putih
Hal ini dapat mencegah terjadinya dehidrasi yang berarti dapat mencegah timbulnya keriput pada mata.
  • Konsumsi buah dan sayuran
Kandungan mineral, vitamin pada buah merupakan nutrisi yang berguna untuk kecantikan mata, disamping juga bermanfaat untuk kulit dan kesehatan tubuh. Terutama, kandungan vitamin C pada buah atau sayur dapat membantu pembentukan kolagen yang menambah elastisitas mata.
  • Hindari untuk mengucek mata
Apabila tangan yang kotor digunakan untuk mengucek mata, hal ini dapat menyebabkan iritasi mata.
  • Kompres mata
Kompres menggunakan potongan kentang atau mentimun selama 10 menit berguna untuk mengurangi lingkaran hitam. Untuk memperlancar peredaran darah pada mata, mata dapat dikompres menggunakan es batu dan diusapkan di sekeliling mata. Sebagai antiseptik untuk mata, masukkan daun sirih pada air panas, dan biarkan uap air mengenai mata Anda.
Setelah melakukan perawatan mata, perhatikan juga kebiasaan Anda sehari-hari karena kebiasaan buruk seseorang dapat memicu penuaan dini. Antara lain kebiasaan merokok, stres, kurang tidur, atau alergi pada kosmetik tertentu. Perhatikan juga tanggal kadaluwarsa kosmetik agar tidak mengalami iritasi.
Mata dapat mengkomunikasikan sikap dan emosi kita. Mata bisa menunjukkan kekagetan atau ketakutan. Bahkan mata dapat mencerminkan keibaan hati atau perasaan kasih sayang. Kadang-kadang, mata dapat menyatakan keraguan atau kepedihan. Mata bisa berbicara. Oleh karena itu, jadikan mata Anda menjadi mata indah yang mempesona.

FORM BERLANGGANAN

Berlangganan Artikel Blog Tiap Hari:


Delivered by FeedBurner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Berkomentar......